Systematic Literatur Review: Integrasi Metode Webqual 4.0 dan HOT-Fit Untuk Sistem e-Rapor

Authors

  • I Gede Agung Abdi Prasetya ITB STIKOM Bali
  • Roy Rudolf Huizen ITB STIKOM Bali
  • Putu Desiana Wulaning Ayu ITB STIKOM Bali

Abstract

Kemajuan teknologi telah mendorong digitalisasi dalam berbagai sektor, termasuk pendidikan. Salah satu inovasi yang diterapkan adalah sistem e-Rapor, yang berfungsi untuk mempermudah pencatatan dan penyampaian hasil belajar siswa. Namun, adopsi sistem ini oleh guru masih menghadapi berbagai kendala, terutama dalam hal kemudahan penggunaan, keakuratan informasi, dan dukungan dari institusi pendidikan. Studi ini bertujuan untuk menganalisis tingkat penerimaan guru terhadap e-Rapor dengan pendekatan Webqual 4.0 dan HOT-Fit. Webqual 4.0 menilai kualitas sistem berdasarkan aspek usability, information quality, dan service quality, sementara model HOT-Fit mengevaluasi kesesuaian antara pengguna, organisasi, dan teknologi. Dengan menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR), penelitian ini mengidentifikasi dan mengkaji literatur dalam lima tahun terakhir yang relevan dengan implementasi sistem e-Rapor di lingkungan pendidikan. Hasil analisis menunjukkan bahwa penelitian terkait penerimaan guru terhadap e-Rapor dengan kombinasi metode ini masih terbatas. Selain itu, ditemukan bahwa faktor utama yang memengaruhi penerimaan sistem ini adalah kualitas sistem dan informasi yang diberikan. Oleh karena itu, temuan ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengembang teknologi pendidikan dan pemangku kebijakan dalam meningkatkan efektivitas penerapan e- Rapor di sekolah.

Downloads

Published

2025-03-25

How to Cite

I Gede Agung Abdi Prasetya, Roy Rudolf Huizen, & Putu Desiana Wulaning Ayu. (2025). Systematic Literatur Review: Integrasi Metode Webqual 4.0 dan HOT-Fit Untuk Sistem e-Rapor. Seminar Hasil Penelitian Informatika Dan Komputer (SPINTER) | Institut Teknologi Dan Bisnis STIKOM Bali, 2(1), 1087–1092. Retrieved from https://spinter.stikom-bali.ac.id/index.php/spinter/article/view/764