Analisis Konten Sosial Media Instagram Sebagai Promosi Dalam Menarik Minat Peserta Didik Baru (Studi Kasus SMP Dwijendra Denpasar)
Abstract
SMP Dwijendra Denpasar merupakan sekolah menengah pertama yang didirikan oleh Yayasan Dwijendra, dimana salah satu kegiatan promosinya dilakukan melalui sosial media Instagram. Aktif dan dikelola oleh Wakil Kepala bidang Hubungan Masyarakat, akun Instagram SMP Dwijendra Denpasar rutin membagikan unggahan seputar informasi penerimaan peserta didik baru, kegiatan sekolah, hingga inspirasi prestasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konten sosial media pada akun Instagram SMP Dwijendra Denpasar dalam menarik minta peserta didik baru. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan instrumen observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam (in-depth interview) kepada sebanyak 8 subjek untuk pengumpulan datanya. Subjek dipilih berdasarkan kriteria yang ditetapkan guna memperoleh informasi yang lengkap dan terpercaya. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik Miles dan Huberman yang bersifat interaktif, sistematis dan terstruktur. Hasil dari analisis menunjukkan temuan, bahwa konten sosial media Instagram yang diunggah untuk kebutuhan promosi dapat menjadi faktor dalam menarik minat peserta didik baru. Pada penelitian ini mengindikasikan pentingnya strategi pemetaan konten untuk meningkatkan interaksi, hingga mampu menarik minat peserta didik baru.Downloads
Published
2025-03-25
How to Cite
Ni Made Ardya Citra Dewi, Dian Pramana, & P.A. Andiena Nindya Putri. (2025). Analisis Konten Sosial Media Instagram Sebagai Promosi Dalam Menarik Minat Peserta Didik Baru (Studi Kasus SMP Dwijendra Denpasar). Seminar Hasil Penelitian Informatika Dan Komputer (SPINTER) | Institut Teknologi Dan Bisnis STIKOM Bali, 2(1), 1081–1086. Retrieved from https://spinter.stikom-bali.ac.id/index.php/spinter/article/view/745
Issue
Section
Articles