Pengembangan UI/UX Pada Website Dinas Ketenagakerjaan dan ESDM Provinsi Bali Menggunakan Metode Design Thinking
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendesain ulang antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) pada situs website Dinas Ketenagakerjaan dan Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Bali dengan menerapkan metode Design Thinking. Proses ini terdiri dari lima tahap yaitu Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Tahapan Empathize dilakukan melalui wawancara, survei, dan observasi untuk memahami kebutuhan pengguna. Hasilnya, ditemukan beberapa masalah utama seperti, kategori informasi yang tidak terorganisir, serta tampilan visual yang kurang menarik. Pada tahap Define, masalah-masalah ini dirumuskan menjadi problem statement yang spesifik. Tahap Ideate menghasilkan solusi kreatif, yang kemudian direalisasikan dalam bentuk prototipe menggunakan aplikasi Figma. Prototype diuji menggunakan metode System Usability Scale (SUS) yang melibatkan 30 responden, menghasilkan skor rata-rata sebesar 81 yang menunjukkan tingkat kegunaan tinggi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode Design Thinking efektif dalam meningkatkan kualitas UI/UX website, sehingga dapat mendukung penyampaian informasi dan layanan publik secara lebih efisien.Downloads
Published
2025-03-25
How to Cite
I Putu Sutra Riana Putra, Dian Pramana, & A Ayu Meitridwiastiti. (2025). Pengembangan UI/UX Pada Website Dinas Ketenagakerjaan dan ESDM Provinsi Bali Menggunakan Metode Design Thinking. Seminar Hasil Penelitian Informatika Dan Komputer (SPINTER) | Institut Teknologi Dan Bisnis STIKOM Bali, 2(1), 943–948. Retrieved from https://spinter.stikom-bali.ac.id/index.php/spinter/article/view/730
Issue
Section
Articles