Corporate Identity Pada The Swaha Hotel Bali Sebagai Media Promosi Berbasis Website

Authors

  • I Putu Semaradana Jayantika ITB STIKOM Bali
  • Ni Putu Linda Santiari ITB STIKOM Bali
  • I Made Arya Budhi Saputra ITB STIKOM Bali

Abstract

The Swaha Hotel Bali adalah hotel unik dengan 14 kamar berfasilitas lengkap dan nyaman yang akan dibberikan kepada tamu selama menginap. Meskipun memiliki potensi untuk lebih maju, The Swaha Hotel Bali menghadapi tantangan dalam mempromosikan layanannya karena hanya mengandalkan media sosial seperti Instagram, WhatsApp, dan email. Dimana strategi promosi ini dirasa kurang optimal untuk menjangkau pasar yang lebih luas, terutama pada era digitalisasi seperti saat ini yang menuntut kehadiran online lebih profesional. Untuk mengatasi masalah tersebut, penelitian dilakukan untuk mengembangkan corporate identity berbasis website dengan menerapkan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Hasil dari pengembangan ini yaitu meliputi brandbook, video company profile, logo, tipografi, dan elemen visual lainnya. Dalam proses pembuatannya menggunakan Photoshop, CorelDraw, Adobe Premiere Pro, Adobe Dreamweaver, dan Visual Studio Code dengan framework Bootstrap untuk menghasilkan tampilan yang lebih responsif dan juga menarik. Pengujian sistem dilakukan menggunakan metode BlackBox Testing, yang dimana membuktikan bahwa corporate identity ini tidak hanya meningkatkan kualitas visual hotel, tetapi juga membantu memperluas jangkauan promosi, meningkatkan daya tarik, dan memperkuat posisi The Swaha Hotel Bali di industri pariwisata.

Downloads

Published

2025-03-25

How to Cite

I Putu Semaradana Jayantika, Ni Putu Linda Santiari, & I Made Arya Budhi Saputra. (2025). Corporate Identity Pada The Swaha Hotel Bali Sebagai Media Promosi Berbasis Website. Seminar Hasil Penelitian Informatika Dan Komputer (SPINTER) | Institut Teknologi Dan Bisnis STIKOM Bali, 2(1), 355–360. Retrieved from https://spinter.stikom-bali.ac.id/index.php/spinter/article/view/632