Perancangan Corporate Identity Pada UD Putra Kembar Berbasis Multimedia

Authors

  • Nucha Bayu Ramadhan ITB STIKOM Bali
  • Pande Putu Gede Putra Pertama ITB STIKOM Bali
  • I Gusti Ngurah Satria Wijaya ITB STIKOM Bali

Abstract

UD Putra Kembar adalah usaha yang bergerak di bidang olahan kedelai seperti tahu, dan tempe yang berlokasi di Denpasar, Bali. Sejak didirikan pada tahun 2014, perusahaan ini telah berkembang pesat, namun masih menghadapi tantangan terkait promosi yang terbatas dan tidak adanya identitas perusahaan yang konsisten. Minimnya identitas visual yang jelas menghambat kemampuan UD Putra Kembar untuk bersaing di pasar yang semakin kompetitif, khususnya dengan kemunculan berbagai produsen serupa Penelitian ini bertujuan mengembangkan corporate identity berbasis multimedia, mencakup pembuatan brandbook, video profil perusahaan, dan website, untuk meningkatkan citra profesional UD Putra Kembar, menciptakan identitas yang mudah dikenali pelanggan, serta memperluas jangkauan pasar.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang meliputi tahapan seperti konsep, desain, pengumpulan material, perakitan, pengujian, dan distribusi. Dengan penerapan corporate identity yang solid, diharapkan UD Putra Kembar dapat memperkuat posisinya di pasar, menarik lebih banyak pelanggan, dan membangun merek yang dapat dipercaya. Penelitian ini menunjukkan pentingnya penerapan corporate identity berbasis multimedia dalam mendukung UKM untuk menghadapi persaingan pasar yang semakin ketat, serta memberikan solusi berkelanjutan bagi perkembangan perusahaan.

Downloads

Published

2025-03-25

How to Cite

Nucha Bayu Ramadhan, Pande Putu Gede Putra Pertama, & I Gusti Ngurah Satria Wijaya. (2025). Perancangan Corporate Identity Pada UD Putra Kembar Berbasis Multimedia. Seminar Hasil Penelitian Informatika Dan Komputer (SPINTER) | Institut Teknologi Dan Bisnis STIKOM Bali, 2(1), 289–294. Retrieved from https://spinter.stikom-bali.ac.id/index.php/spinter/article/view/621