Sistem Pemesanan Menu Jaju Coffee Berbasis Website
Abstract
Jaju Coffee merupakan tempat kopi yang mengusung tema kekinian yang ramai dikunjungi oleh anak muda ataupun orang dewasa sebagai tempat berkumpul dan berdiskusi. Proses pemesanan menu di Jaju Coffee terdapat beberapa permasalahan terkait dengan pemesanan menu yang masih mengunakan kertas dalam mencatat pesanan sehingga sering terjadi kesalahan dalam mencatat pesanan yang dipesan oleh pelanggan dapat berdampak pada ketidaksesuaian data penjualan serta pesanan yang tertukar akibat kertas pesanan yang menumpuk. Hal tersebut dapat terjadi kerena tingginya jumlah pengunjung dan minimnya tenaga operasional dari pihak Jaju Coffee. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dibangun sebuah website yang mampu membantu proses pemesanan menu pada Jaju Coffee dengan menggunakan metode waterfall dengan tahapan pengumpulan data, analisis kebutuhan sistem yang meliputi perancangan dengan menggunakan Data Flow Diagram (DFD) dan Entity Relationship Diagram (ERD), perancangan sistem dengan menggunakan aplikasi Figma. Hasil penelitian ini adalah berhasil dibangun Sistem Pemesanan Menu Jaju Coffee Berbasis Website yang sudah diuji dengan metode Blackbox testing dengan hasil menunjukkan sistem berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang diharapkan, serta Pengujian sistem dengan menggunakan Usability Testing yaitu metode System Usability Scale (SUS) yang menghasilkan skor sebesar 85.9 yang memiliki arti bahwa sistem dapat diterima dengan baik oleh semua pihak.Downloads
Published
2025-03-25
How to Cite
I Putu Putra Diana, Ni Nyoman Supuwiningsih, & I Komang Dharmendra. (2025). Sistem Pemesanan Menu Jaju Coffee Berbasis Website. Seminar Hasil Penelitian Informatika Dan Komputer (SPINTER) | Institut Teknologi Dan Bisnis STIKOM Bali, 2(1), 277–282. Retrieved from https://spinter.stikom-bali.ac.id/index.php/spinter/article/view/619
Issue
Section
Articles