Media Pembelajaran Cara Beternak Ayam Petelur Berbasis Multimedia

Authors

  • Ida Bagus Weda Wardhiana Sideman Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM BALI
  • Nyoman Ayu Nila Dewi Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM BALI
  • I Gusti Ayu Widari Upadani Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM BALI

Keywords:

Beternak Ayam, Multimedia Pembelajaran, MDLC, Teknologi

Abstract

Wirausaha beternak ayam dengan ras petelur (Gallus sp.) di Indonesia dianggap sangat menjanjikan dilihat dari pasar dalam maupun luar negeri, ditinjau dari sisi permintaan pasar, juga penawaran oleh pembeli. Minimnya pengetahuan mengenai cara beternak ayam petelur, membuat banyak peternak yang rugi. Pemanfaatan teknologi untuk membuat suatu pemaparan materi mengenai cara
berternak ayam petelur yang baik belum banyak ditemukan. Seminar mengenai hal ini sebenarnya sudah banyak. Namun, kurangnya penerapan teknologi menjadi salah satu alasan rendahnya minat belajar masyarakat khususnya anak muda untuk belajar berternak ayam petelur. Untuk itu, maka diperlukan multimedia pembelajaran cara beternak ayam petelur bagi pemula, khususnya anak muda yang lebih paham teknologi di jaman sekarang ini. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat suatu media pembelajaran cara beternak ayam petelur dengan basis multimedia. Metode dari penelitian yang digunakan adalah dengan Research & Development berbasis model Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Software yang digunakan dalam pembuatan desain konten media pembelajaran adalah Adobe Ilustrator, Adobe Premiere, dan Adobe Flash. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi berbasis
multimedia cara beternak ayam petelur.

Downloads

Published

2023-11-23

How to Cite

Ida Bagus Weda Wardhiana Sideman, Nyoman Ayu Nila Dewi, & I Gusti Ayu Widari Upadani. (2023). Media Pembelajaran Cara Beternak Ayam Petelur Berbasis Multimedia. Seminar Hasil Penelitian Informatika Dan Komputer (SPINTER) | Institut Teknologi Dan Bisnis STIKOM Bali, 202–207. Retrieved from https://spinter.stikom-bali.ac.id/index.php/spinter/article/view/59