Multilingual Sentiment Analysis Ulasan Mahasiswa Dalam Peningkatan Kualitas Dosen Dapartemen Bisnis Digital Universitas XYZ
Keywords:
Bisnis Digital, Multilingual Sentiment Analysis, Pengajaran Dosen, Peningkatan kualitas, Ulasan MahasiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen ulasan mahasiswa terkait usulan peningkatan kualitas dosen di Departemen Bisnis Digital Universitas XYZ, dengan menggunakan pendekatan Multilingual Sentiment Analysis untuk mengklasifikasikan ulasan menjadi kategori sentimen positif, negatif, dan netral. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa ulasan mahasiswa yang ditulis dalam berbagai bahasa, mencerminkan keberagaman latar belakang mahasiswa di Universitas XYZ. Dengan adanya analisis sentimen ini, hasil penelitian diharapkan dapat memberikan gambaran komprehensif mengenai persepsi mahasiswa terhadap pengajaran dosen serta mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan. Studi ini juga mengusulkan pendekatan baru penilaian dosen dengan menguji efektivitas model menggunakan Multilingual Sentiment Analysis, serta menyajikan rekomendasi usulan untuk departemen terkait. Hasil penilitian menunjukkan bahwa dari 552 usulan mahasiswa menghasilkan nilai maksimal analisis sentimen positif sebesar 100, analisis sentimen negatif sebesar -100, dan analisis sentimen netral sebesar 0, serta didapatkan untuk jumlah ulasan dari hasil analisis sentimen positif sebanyak 191 ulasan, analisis sentimen negatif sebanyak 38 ulasan, dan analisis sentimen netral sebanyak 323 ulasan sehingga ulasan mahasiswa terhadap proses pengajaran dosen Departemen Bisnis Digital memiliki kecenderungan nilai yang positif dan netral. Hasil ini dapat digunakan dalam pengambilan keputusan dan evaluasi bagi Universitas terkhusus Departemen Bisnis Digital dalam perbaikan layanan dosen sehingga tingkat kualitas proses pengajaran semakin baik.