Sistem Informasi E-Ticket pada Objek Wisata di Kabupaten Badung berbasis Android

Authors

  • I Putu Adi Pranata Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Ni Ketut Dewi Ari Jayanti Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Ni Luh Putri Srinadi Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali

Keywords:

E-ticket, Android, Objek Wisata, Flutter, Waterfall

Abstract

Sistem informasi e-ticket berbasis Android pada objek wisata di Kabupaten Badung dirancang untuk mengatasi permasalahan antrian panjang dan proses pemesanan tiket secara manual yang kerap mengurangi kenyamanan wisatawan. Dengan mengadopsi metode pengembangan perangkat lunak waterfall, penelitian ini menghasilkan sistem yang terstruktur mulai dari analisis kebutuhan hingga tahap operasional dan pemeliharaan. Implementasi sistem ini dilakukan menggunakan bahasa pemrograman Dart dan framework Flutter, serta basis data MySQL. Sistem ini memungkinkan pengguna untuk melakukan registrasi, login, pembelian tiket, dan top-up saldo, serta pengelolaan profil. Hasil pengujian menggunakan metode Black Box menunjukkan bahwa seluruh fitur berfungsi sesuai spesifikasi. Dengan pengurangan interaksi fisik dan peningkatan keamanan transaksi, sistem ini berkontribusi terhadap efisiensi pengelolaan objek wisata serta pengalaman wisata yang lebih baik bagi pengunjung.

Downloads

Published

2024-10-23

How to Cite

I Putu Adi Pranata, Ni Ketut Dewi Ari Jayanti, & Ni Luh Putri Srinadi. (2024). Sistem Informasi E-Ticket pada Objek Wisata di Kabupaten Badung berbasis Android. Seminar Hasil Penelitian Informatika Dan Komputer (SPINTER) | Institut Teknologi Dan Bisnis STIKOM Bali, 1(3), 12–17. Retrieved from https://spinter.stikom-bali.ac.id/index.php/spinter/article/view/425