Sistem Informasi E-Ticket pada Objek Wisata di Kabupaten Badung berbasis Android
Keywords:
E-ticket, Android, Objek Wisata, Flutter, WaterfallAbstract
Sistem informasi e-ticket berbasis Android pada objek wisata di Kabupaten Badung dirancang untuk mengatasi permasalahan antrian panjang dan proses pemesanan tiket secara manual yang kerap mengurangi kenyamanan wisatawan. Dengan mengadopsi metode pengembangan perangkat lunak waterfall, penelitian ini menghasilkan sistem yang terstruktur mulai dari analisis kebutuhan hingga tahap operasional dan pemeliharaan. Implementasi sistem ini dilakukan menggunakan bahasa pemrograman Dart dan framework Flutter, serta basis data MySQL. Sistem ini memungkinkan pengguna untuk melakukan registrasi, login, pembelian tiket, dan top-up saldo, serta pengelolaan profil. Hasil pengujian menggunakan metode Black Box menunjukkan bahwa seluruh fitur berfungsi sesuai spesifikasi. Dengan pengurangan interaksi fisik dan peningkatan keamanan transaksi, sistem ini berkontribusi terhadap efisiensi pengelolaan objek wisata serta pengalaman wisata yang lebih baik bagi pengunjung.