Multimedia Pembelajaran Teknik Dasar Segitiga Exposure Untuk SMK N 1 Klungkung Berbasis Website

Authors

  • I Nyoman Wima Putra Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Ni Nyoman Supuwiningsih, S.T., M. Kom Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Dr. Ni Luh Putri Srinadi, SE., MM.Kom Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali

Keywords:

Multimedia pembelajaran, MDLC, Segitiga Exposure, Fotografi, Website

Abstract

Cahaya, kedalaman, dan ketajaman adalah bagian terpenting dari Segitiga Eksposur dalam fotografi dan video. Dalam fotografi pada Desain Komunikasi Visual (DKV) di SMK N 1 Klungkung, materi Segitiga Eksposure sangat penting. SMKN 1 Klungkung mengalami kesulitan dalam mengajarkan Segitiga Eksposur karena sumber materi yang kurang memadai, kesulitan dalam mengungkapkan gagasan tanpa gambar, dan kurangnya alat peraga interaktif. Dengan demikian, Multimedia Pembelajaran Teknik Dasar Segitiga Eksposur untuk SMK N 1 Klungkung Berbasis Website harus dirancang sebagai media pembelajaran interaktif. Media pembelajaran ini berusaha untuk menjelaskan Segitiga Eksposure, membuat sumber daya menjadi mudah diakses, melakukan inovasi pembelajaran, dan membantu siswa memahami mata pelajaran yang rumit. Multimedia Life Cycle (MDLC) digunakan untuk membangun Multimedia Interaktif Pembelajaran Teknik Dasar Segitiga Eksposure untuk SMK N 1 Klungkung Berbasis Website. Teknik yang digunakan untuk memperoleh data adalah studi literatur, wawancara, dan observasi. Pada penelitian ini menghasilkan suatu rancangan desain Multimedia Pembelajaran Teknik Dasar Segitiga Eksposur untuk SMK N 1 Klungkung Berbasis Website.

Downloads

Published

2024-10-23

How to Cite

I Nyoman Wima Putra, Ni Nyoman Supuwiningsih, S.T., M. Kom, & Dr. Ni Luh Putri Srinadi, SE., MM.Kom. (2024). Multimedia Pembelajaran Teknik Dasar Segitiga Exposure Untuk SMK N 1 Klungkung Berbasis Website. Seminar Hasil Penelitian Informatika Dan Komputer (SPINTER) | Institut Teknologi Dan Bisnis STIKOM Bali, 1(3), 281–286. Retrieved from https://spinter.stikom-bali.ac.id/index.php/spinter/article/view/414