Pengembangan Game Edukasi “KETUMA” (Kerangka Tubuh Manusia) Untuk Siswa Sekolah Dasar Berbasis Multimedia
Keywords:
Game Edukasi, Kerangka Tubuh Manusia, Sekolah Dasar, MDLCAbstract
Salah satu teknologi yang dapat dimamfaatkan dalam pembelajaran adalah game edukasi. Game edukasi dapat digunakan sebagai media pembelajaran, Game edukasi unggul dalam beberapa aspek jika dibandingkan dengan metode pembelajaran kovensional. Salah satu keunggulan yang signifikan adalah adanya animasi dan audio yang dapat meningkatkan daya ingat sehingga anak dapat menyimpan materi pembelajaran dalam waktu yang lebih lama dibandingkan dengan metode pengajaran konvensional. Penggunaan pembelajaran game edukasi dapat membuat penyampaian informasi lebih menarik, karena anak - anak dapat berinteraksi langsung dengan media. Penelitian ini dilakukan guna membuat sebuah rancangan aplikasi game edukasi tentang pengenalan fungsi dan bagian pada kerangka tubuh manusia untuk anak – anak Sekolah Dasar menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Pengujian yang dilakukan menggunakan metode blackbox testing, aplikasi sudah sesuai dengan rancangan dan tombol-tombol berfungsi dengan baik sesuai fungsinya. diharapkan nantinya aplikasi ini dapat menjadi sebuah media pembelajaran yang dapat diaskes kapan saja baik di dalam lingkungan sekolah maupun di luar sekolah melalui perangkat Android atau Komputer.