Game Visual Novel Perjalanan Hidup Gus Dur

Authors

  • M. Agiel Raja Ababiel Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Ni Luh Gede Pivin Suwirmayanti
  • Rifky Lana Rahardian

Keywords:

Gus Dur, Game Edukasi, Visual Novel, Gen Z, Sejarah

Abstract

Banyak hal yang dapat dipelajari, khususnya dalam sejarah Indonesia, oleh semua kalangan termasuk Gen Z, mengenai tokoh-tokoh nasional Indonesia. Penelitian ini mengusulkan pengembangan game visual novel interaktif yang mengisahkan perjalanan hidup salah satu tokoh nasional Indonesia, yaitu Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Game ini dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang menarik melalui alur cerita dan interaksi karakter. Metode pengembangan yang digunakan adalah Waterfall, yang terdiri dari tahap analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Hasil pengujian melalui kuesioner menunjukkan bahwa game ini mendapatkan respons positif dari pengguna, dengan antarmuka yang mudah digunakan serta navigasi yang intuitif. Selain itu, game ini berpotensi menjadi media edukasi yang efektif dalam meningkatkan minat belajar sejarah dan mengenal karakter Gus Dur. Penelitian ini dapat menghasilkan metode pembelajaran interaktif baru di Indonesia serta berkontribusi dalam mengenalkan nilai-nilai pluralisme dan toleransi yang diperjuangkan oleh Gus Dur, salah satu tokoh nasional Indonesia, kepada generasi muda, khususnya generasi Z.

Downloads

Published

2024-10-23

How to Cite

M. Agiel Raja Ababiel, Ni Luh Gede Pivin Suwirmayanti, & Rifky Lana Rahardian. (2024). Game Visual Novel Perjalanan Hidup Gus Dur. Seminar Hasil Penelitian Informatika Dan Komputer (SPINTER) | Institut Teknologi Dan Bisnis STIKOM Bali, 1(3), 245–250. Retrieved from https://spinter.stikom-bali.ac.id/index.php/spinter/article/view/358