Sistem Informasi Pemesanan Tiket Online pada Perusahaan Bus PO Sarwonadhi Trans Berbasis Website

Authors

  • A. Adelio Putra Kanoko Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali Renon
  • Rosalia Hadi, S.Kom., M. Insttitut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Putu Pande Yudiastra, S.Kom., M.M. Insttitut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali

Keywords:

Tiket, Tiket Online, Website, Sistem Informasi, Tiket Bus, Tiket Bus Online

Abstract

Sarwonadhi Trans merupakan salah satu perusahaan transportasi yang bergerak di bidang bus pariwisata dan antar kota antar provinsi yang mempunyai badan hukum PT Sarwonadhi Trans Wisata  yang berlokasi di Kabupaten Tabanan, Bali. Bus ini diminati oleh penumpang dari semua kalangan karena keberangkatan busnya dimulai dari sore hari, dengan harga yang sangat ekonomis, serta fasilitas yang nyaman. Saat ini, perusahaan otobus Sarwonadhi Trans masih menggunakan sistem tiketing manual yang mengandalkan daftar manifest penumpang dalam bentuk lembaran kertas, serta menggunakan tiket berupa kertas dengan nomor urut yang ditentukan oleh perusahaan melalui penulisan tangan. Namun, sistem tiketing ini rentan terhadap penyalahgunaan, seperti penjualan tiket oleh calo atau makelar tiket kepada pihak yang tidak tepat. Dengan dengan adanya permasalahan hal tersebut maka, akan dirancang sistem informasi pemesanan tiket bus secara online. Hal ini akan mengurangi tindak kecurangan terhadap oknum oknum yang merugikan perusahaan bus Sarwonadhi Trans, serta meningkatkan efisiensi pelanggan untuk melakukan pemesanan tiket yang lebih efektif dan lebih mudah.

Downloads

Published

2024-10-23

How to Cite

A. Adelio Putra Kanoko, Rosalia Hadi, S.Kom., M., & Putu Pande Yudiastra, S.Kom., M.M. (2024). Sistem Informasi Pemesanan Tiket Online pada Perusahaan Bus PO Sarwonadhi Trans Berbasis Website. Seminar Hasil Penelitian Informatika Dan Komputer (SPINTER) | Institut Teknologi Dan Bisnis STIKOM Bali, 1(3), 439–444. Retrieved from https://spinter.stikom-bali.ac.id/index.php/spinter/article/view/333