Audit Sistem Informasi Front Office Di G’Sign Style Hotel Dengan Pendekatan Framework Cobit 4.1
Keywords:
Audit Sistem Informasi, COBIT 4.1, Front Office, Industri Perhotelan, Manajemen RisikoAbstract
Integrasi Teknologi Informasi (TI) dalam industri perhotelan sangat penting untuk meningkatkan efisiensi operasional dan layanan tamu. Penelitian ini mengkaji sistem informasi Front Office di G’Sign Style Hotel di Kuta, Bali, dengan menggunakan kerangka COBIT 4.1 untuk menilai efektivitas dan keamanan sistem. Menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif dengan metodologi Waterfall, penelitian ini melibatkan kajian literatur, observasi lapangan, wawancara dengan staf, dan analisis dokumen. Audit ini mengevaluasi domain kunci dalam kerangka Plan and Organize (PO), yaitu PO1 (Menetapkan Rencana Strategis TI), PO2 (Mengelola Arsitektur TI), PO4 (Mengelola Akuntabilitas TI), PO9 (Mengelola Akses TI), dan PO10 (Mengelola Proyek TI). Temuan menunjukkan adanya kekurangan dalam integrasi strategi TI dengan tujuan bisnis, manajemen aset, manajemen risiko, dan alokasi sumber daya. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan integrasi strategi TI, dokumentasi yang lebih baik, penguatan praktik manajemen risiko, serta investasi dalam pelatihan staf. Langkah-langkah ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas dan keamanan sistem TI hotel serta mendukung hasil operasional dan kepuasan tamu yang lebih baik