Implementasi Virtual Tour Menggunakan Panoramic Sebagai Media Promosi Private Villa

Authors

  • I Wayan Yudha Widhiana Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM BALI
  • Gusti Ngurah Mega Nata Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM BALI
  • Dian Rahmani Putri Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM BALI

Keywords:

Virtual Tour, Private Villa, Panoramik 360 degree, promosi

Abstract

Promosi villa secara umum menggunakan media website dengan foto dua dimensi. Kekurangan promosi menggunakan foto dua dimensi yaitu calon pembeli tidak bisa melihat tempat atau eksplorasi dari semua sisi. Calon pembeli lebih tertarik jika mereka bisa merasakan situasi villa dari berbagai sisi dan bisa menelusuri bangunan villa secara interaktif dan seolah-olah berada dilokasi tersebut untuk melihat fasilitas villa secara keseluruhan. Maka pada paper ini, dilakukan pembangunan virtual tour dengan foto panoramik 360 degree didalam ruangan dan diluar ruangan serta ditambahkan audio narasi yang menjelaskan tempat tersebut menggunakan bahasa Inggris. Hasil implementasi yaitu diuji dengan black box testing. Team penguji sistem diberikan menggunakan sistem virtual Tour dan memberikan nilai sesuai atau tidak sesuai. Menu yang diuji yaitu 24 link spot, 6 audio, dan beberapa menu. Hasil keseluruhan sistem virtual tour yaitu bahwa sistem virtual tour promosi private villa sudah selesai dibangun dan sudah sesuai dengan rancangan serta sudah berjalan dengan sesuai.

Downloads

Published

2023-11-23

How to Cite

I Wayan Yudha Widhiana, Gusti Ngurah Mega Nata, & Dian Rahmani Putri. (2023). Implementasi Virtual Tour Menggunakan Panoramic Sebagai Media Promosi Private Villa. Seminar Hasil Penelitian Informatika Dan Komputer (SPINTER) | Institut Teknologi Dan Bisnis STIKOM Bali, 71–76. Retrieved from https://spinter.stikom-bali.ac.id/index.php/spinter/article/view/30