Sistem Informasi Layanan Tour Guide Pada Pelabuhan Benoa Menggunakan Framework Laravel

Authors

  • Nadiya Rahma Savira Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Dian Pramana Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Lilis Yuningsih Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali

Keywords:

PT. Pelabuhan Indonesia, Tour Guide, Metode Waterfall, Sistem Informasi

Abstract

Pelabuhan Benoa merupakan salah satu bagian dari PT Pelabuhan Indonesia (Persero) yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa kepelabuhanan seperti bongkar muat, kapal barang, kapal penumpang, serta kapal pesiar. Terdapat kekurangan pada bagian layanan wisawatan asing penumpang kapal pesiar yang kurang tersentralisasi secara digital tentang informasi lokasi wisata ketika mereka tiba di Bali. Saat ini wisatawan asing mencari informasi lokasi wisata secara manual atau bertanya kepada warga lokal disekitar Pelabuhan. Sistem ini dirancang dengan tujuan mempermudah para wisatawan asing penumpang kapal pesiar yang tiba di Pelabuhan untuk mencari informasi lokasi wisata sekitar dilengkapi petunjuk arah menuju lokasi wisata tersebut. Metode yang diterapkan dalam proses perancangan ini adalah metode Waterfall dimulai dengan tahapan analisa kebutuhan sistem, desain sistem, sampai dengantahap pengujian sistem. Penelitian ini menghasilkan suatu sistem informasi layanan tour guide pada Pelabuhan Benoa dengan beberapa fitur yang disediakan seperti pencarian lokasi wisata beserta petunjuk arah, article seputar kebudayaan Bali, dan informasi terkait dengan pelabuhan Benoa.

Downloads

Published

2024-06-04

How to Cite

Nadiya Rahma Savira, Dian Pramana, & Lilis Yuningsih. (2024). Sistem Informasi Layanan Tour Guide Pada Pelabuhan Benoa Menggunakan Framework Laravel. Seminar Hasil Penelitian Informatika Dan Komputer (SPINTER) | Institut Teknologi Dan Bisnis STIKOM Bali, 1(2), 568–573. Retrieved from https://spinter.stikom-bali.ac.id/index.php/spinter/article/view/280