Analisa Kepuasan Tamu Hotel Menggunakan Algoritma RegEx dan VADER
Keywords:
RegEx, VADER, Machine Learning, Analisa Kepuasan, Tamu HotelAbstract
Peranan pariwisata semakin penting karena memberikan kontribusi besar terhadap penerimaan decisa dan pendapatan daerah. Kepuasan tamu hotel menjadi salah satu faktor yang sangat penting yang dapat mempengaruhi keberhasilan dan keberlangsungan bisnis perhotelan dan pariwisata. Namun saat ini banyak hotel masih melakukan analisa terhadap komentar tamu yang masuk dengan cara manual, sehingga hasil analisa tersebut sering kali tidak akurat karena adanya pandangan atau perspektif yang subjektif. Sehingga dibutuhkan model analisis yang tepat untuk menganalisis komentar tamu hotel sebagai dasar pengambilan keputusan bagi pelaku bisnis perhotelan. Penelitian ini mengusulkan model sentimen analisis berdasarkan komentar tamu hotel menggunakan penggabungan metode pengolahan data teks yaitu Regex dan VADER. Tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan analisis sentimen dari tamu hotel yang akurat, sehingga dapat menjadi dasar dalam pengambilan keputusan. Dalam penelitian ini komentar dari tamu di proses dalam dua tahap yaitu pre-process dan analisis sentimen. Pada tahap pre-processing dilakukan analisis teks cleaning, teks grouping dan tokenisasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa model mampu menganalisis komentar tamu yang bersifat positif dan negatif dari 597 komentar yang masuk. Hasil pemodelan dapat digunakan dalam pengambilan keputusan bagi pelaku bisnis perhotelan dalam perbaikan layanan yang tepat sasaran sehingga tingkat kepuasan tamu hotel akan semakin meningkat.