Corporate Identity Pada Toko Payung Adat Putra Keramas Sebagai Media Promosi
Keywords:
Corporate Identity, MDLC, Brand Book, Video Company Profile, WebsiteAbstract
Desa Mengwi telah lama terkenal sebagai sentra kerajinan tedung (payung tradisional) Bali. Tedung (payung tradisional Bali) merupakan prasarana upakara yaitu sebagai perlengkapan keagamaan untuk upacara yadnya yang biasanya digunakan umat Hindu terutama di Bali. Toko Payung adat Putra Keramas merupakan suatu perusahaan yang bergelut dalam penjualan di bidang prasarana upakara adat keagamaan dan kesenian Bali khususnya tedung. Dalam perkembangannya, Toko Payung Adat Putra Keramas mempunyai suatu masalah yaitu belum memiliki suatu corporate identity untuk dikenali dan menarik perhatian pembeli atau pelanggannya dalam pasar yang keras dengan persaingan-persaingan ini, apalagi di era globalisasi dimana informasi menyebar ke seluruh penjuru dunia, maka perlu diciptakan suatu citra yang mewakili identitas suatu perusahaan agar mampu bertahan dan berkembang di tengah persaingan yang semakin ketat. Dengan demikian, diperlukan dorongan dan dukungan dari komponen media promosi seperti corporate identity agar mudah dikenali dan mampu bersaing dengan kompetitor lainnya. Pengembangan corporate identity pada Toko Payung adat Putra Keramas dibuat menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Identitas perusahaan yang dibuat dihasilkan dalam bentuk logo, brandbook, website dan video company profile.