Media Pembelajaran Pembuatan Tanaman Bonsai Mame di Hoki Garden Berbasis Andoid

Authors

  • I Gede Hananta Kusuma Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM BALI
  • Pande Putu Gede Putra Pertama Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM BALI
  • Ni Wayan Deriani Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM BALI

Keywords:

Android programming, bonsai, media pembelajaran

Abstract

Bonsai artinya seni menanam pohon yang pertama kali ada di Cina menggunakan sebutan Penzai atau Penjing. Dikenal menjadi seni menanam pohon yg pada kerdilkan pada sebuah pot dangkal. pada proses pembuatan bonsai, keharmonisan antara pot dan  pohon ialah galat satu unsur penting disamping unsur lainnya mirip besarnya sebuah batang, daun, bunga, tinggi asal pohon, hingga menggunakan penyebaran akar, cabang dan  ranting. Bila dipandang asal bentuknya secara holistik, bonsai ialah sebuah duplikasi miniatur berasal pohon tua yang latif pada alam bebas. Selain itu, keharmonisan dari sebuah pohon bonsai ialah lambang asal beberapa unsur primer yang diantaranya terdiri asal langit, bumi, serta manusia. Hal tadi bisa ditinjau berasal bentuk bonsai yang Bila ditarik garis, umumnya membuat segitiga simetris juga asimetris. Media Pembelajaran Bonsai Mame di Desa Latu Berbasis Android merupakan sebuah aplikasi yg didalamnya memuat serta mengungkapkan apa itu Bonsai Mame, cara pembuatan Bonsai Mame serta wahana dan prasarana dalam membuat Bonsai Mame. Pengembangan software ini menggunakan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) serta dirancang memakai software Adobe Animate CC 2017 serta memakai bahasa pemrograman Action Script tiga.0 dan pengujiannya mengunakan pengujian Black Box Testing dan  informasi lapangan.

Downloads

Published

2023-11-23

How to Cite

I Gede Hananta Kusuma, Pande Putu Gede Putra Pertama, & Ni Wayan Deriani. (2023). Media Pembelajaran Pembuatan Tanaman Bonsai Mame di Hoki Garden Berbasis Andoid. Seminar Hasil Penelitian Informatika Dan Komputer (SPINTER) | Institut Teknologi Dan Bisnis STIKOM Bali, 60–64. Retrieved from https://spinter.stikom-bali.ac.id/index.php/spinter/article/view/25