Sistem Informasi Pemasaran Pada Dapur Singkawang Dengan Menggunakan Metode RAD
Keywords:
UMKM, Kuliner, Dapur Singkawang, Sistem InformasiAbstract
Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di sektor kuliner memiliki peran yang penting dalam perekonomian di Indonesia. Namun meskipun UMKM Kuliner telah memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian dan keanekaragaman kuliner lokal, masih terdapat beberapa tantangan yang dihadapi oleh pelaku UMKM, salah satunya adalah pemilik usaha kuliner Dapur Singkawang yang dimiliki oleh Bapak Phang Eddy Purnomo beserta keluarganya. Usaha ini baru dirintis oleh Bapak Eddy sejak 22 September 2023 lalu. Saat ini Dapur Singkawang belum memiliki video company profile dan website yang dapat digunakan sebagai media promosi dan pemasaran dari usaha. Dapur singkawang hanya melakukan promosi secara offline saja, yang tentunya promosi ini tidak cukup efektif mengingat banyaknya bisnis kuliner dewasa ini. Berdasarkan dari wawancara yang peneliti lakukan dengan pemilik Dapur Singkawang yakni Bapak Eddy, beliau mengatakan bahwa Dapur Singkawang memerlukan sebuah sistem informasi atau website yang dapat digunakan sebagai media promosi. Berdasarkan dari permasalahan yang telah dijabarkan diatas, maka penelitian memberikan solusi dengan merancang sebuah sistem informasi pemasaran yang diterapkan pada Usaha Dapur Singkawang. Sistem informasi dikembangkan dengan metode Rapid Application Development (RAD)