Perancangan Multimedia Interaktif Pengenalan Tempat Sejarah Menggunakan Hybrid 2d Animation (Museum Bikon Blewut)

Authors

  • Maria Trisantri Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Ni Luh Ratniasih Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I Wayan Karang Utama Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali

Keywords:

Museum Bikon Blewut, 2 Dimensi, Hybrid Animation, Multimedia Interaktif

Abstract

Museum Bikon Blewut merupakan salah satu museum unik di Nusa Tenggara Timur yang menyimpan fosil manusia purba dan warisan budaya Flores. Sayangnya, minimnya pemahaman generasi muda terhadap museum ini menimbulkan potensi kehilangan warisan budaya lokal. Hal ini dilihat Berdasarkan hasil survei kuisioner yang telah dilakukan dan diisi oleh 41 responden, memperoleh hasil 29,27% yang mengetahui keberadaan Museum Bikon lewut, 70,73% tidak mengetahui keberadaan Museum Bikon lewut, dan 85,37% yang belum mendalami tentang Museum Bikon Blewut. Penelitian ini mengusulkan solusi melalui pengembangan aplikasi multimedia interaktif berbasis Android dengan metode Hybrid 2D Animation. Penelitian ini dilakukan dalam dua tahap utama, yaitu Konsep dan Perancangan, dengan tujuan untuk menciptakan sebuah multimedia interaktif yang efektif dalam pengenalan tempat sejarah, khususnya Museum Bikon Blewut. Diharapkan, penelitian ini dapat meningkatkan pengetahuan dan minat masyarakat, khususnya generasi muda, terhadap Museum Blikon Blewut, serta memberikan dampak positif pada pelestarian warisan budaya dan sejarah Kabupaten Sikka.

Downloads

Published

2024-06-04

How to Cite

Maria Trisantri, Ni Luh Ratniasih, & I Wayan Karang Utama. (2024). Perancangan Multimedia Interaktif Pengenalan Tempat Sejarah Menggunakan Hybrid 2d Animation (Museum Bikon Blewut). Seminar Hasil Penelitian Informatika Dan Komputer (SPINTER) | Institut Teknologi Dan Bisnis STIKOM Bali, 1(2), 748–753. Retrieved from https://spinter.stikom-bali.ac.id/index.php/spinter/article/view/213