Sistem Informasi Layanan Surat Peminjaman Kunci Tower BTS di Indosat Cabang Kuta
Keywords:
sistem informasi, layanan surat, tower bts, webAbstract
Tower BTS (Base Transceiver Station) merupakan infrastruktur komunikasi yang memungkinkan operator jaringan dan perangkat komunikasi berkomunikasi secara nirkabel. Penyedia layanan telekomunikasi Indonesia disebut Indosat, atau PT Indosat Tbk (juga disebut sebagai Indosat Ooredoo Hutchison, atau IOH) berada di bawah merek IM3 dan 3 yang dimana perusahaan menyediakan layanan komunikasi prabayar dan pascabayar kepada pengguna seluler. Namun dilapangan sering kali mengalami kesulitan peminjaman terkait dengan operasional tower BTS. Mitra harus melakukan berbagai aktivitas di dalam area tower, namun untuk memasuki area tower harus mendapatkan izin untuk mendapatkan kunci tower. Namun di lapangan, peminjaman kunci sulit dilakukan karena memerlukan waktu yang lama dalam pengajuan dan peminjaman kunci, serta semua pencatatan dan penyerahan dilakukan secara manual dengan mengisi buku besar. Sistem informasi ini dibuat menggunakan framework laravel dan bahasa pemrograman PHP dengan implementasi waterfall. Penelitian ini memiliki tiga metode pengumpulan data: observasi, wawancara, dan tinjauan pustaka. Hasil dari penelitian ini adalah Sistem Informasi Pelayanan Surat Peminjaman Kunci BTS Tower Cabang Indosat Kuta yang diuji menggunakan black box testing. Pengujian black box menyimpulkan bahwa aplikasi kemungkinan dapat bekerja dengan baik.Downloads
Published
2024-06-04
How to Cite
Wakhid Nur Huda, Ricky Aurelius Nurtanto Diaz, & Ni Kadek Sukerti. (2024). Sistem Informasi Layanan Surat Peminjaman Kunci Tower BTS di Indosat Cabang Kuta. Seminar Hasil Penelitian Informatika Dan Komputer (SPINTER) | Institut Teknologi Dan Bisnis STIKOM Bali, 1(2), 206–211. Retrieved from https://spinter.stikom-bali.ac.id/index.php/spinter/article/view/207
Issue
Section
Articles