Perancangan Sistem Informasi Penyewaan Kostum Game dan Anime Pada Usaha Gungadya Cosrent
Keywords:
Sistem Informasi, Rental Kostum, Penyewaan, Cosplay, WaterfallAbstract
Dalam era yang semakin maju ini, dengan meningkatnya minat pada budaya luar yang sedang popular seperti cosplay, game dan anime, industri penyewaan kostum game dan anime menjadi semakin berkembang. Gungadya Cosrent menjadi salah satu usaha yang bergerak di bidang penyewaan kostum cosplay. Usaha ini menghadapi tantangan masalah pada bidang mengelolaan penyewaan kostum yang masih menggunakan metode pencatatan melalui buku dan pencarian katalog kostum yang masih kurang efisien yang membuat penyewa kesusahan dalam mencari model pada kostum tersebut. Untuk mengatasi masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk membangun perancangan sistem informasi penyewaan kostum game dan anime pada usaha Gungadya Cosrent. Metode yang digunakan dalam membangun perancangan sistem ini menggunakan metode Waterfall. Adapun perancangan sistem ini menggunakan DFD Level 0, DFD Level 1, ERD, Basis Data Konseptual, dan Perancangan Antarmuka. Perancangan antarmuka menggunakan aplikasi Figma untuk menghasilkan rancangan halaman login, halaman beranda, halaman daftar kostum, dan halaman pembayaran. Dengan dibuatnya perancangan sistem ini ke depannya dapat membantu usaha Gungadya Cosrent dalam membangun sebuah sistem yang dapat pengelolaan data dari setiap penyewaan menjadi lebih efisien dan mempermudah penyewa dalam mencari kostum yang ada pada katalog sehingga efisien terhadap waktu.Downloads
Published
2024-06-04
How to Cite
I Gusti Agung Adre Jata Ananda, Yudi Agusta, & I Made Sudarsana. (2024). Perancangan Sistem Informasi Penyewaan Kostum Game dan Anime Pada Usaha Gungadya Cosrent. Seminar Hasil Penelitian Informatika Dan Komputer (SPINTER) | Institut Teknologi Dan Bisnis STIKOM Bali, 1(2), 169–174. Retrieved from https://spinter.stikom-bali.ac.id/index.php/spinter/article/view/197
Issue
Section
Articles