Pengenalan Gaya Renang Untuk Anak-Anak Menggunakan Teknologi Augmented Reality

Authors

  • Tita Charine Maulinda Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I Gede Harsemadi Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Lilis Yuningsih Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali

Keywords:

Augmented Reality, Renang, Animasi

Abstract

Renang ialah sebuah aktivitas yang dilakukan di dalam air, renang mempunyai macam-macam gaya seperti gaya kupu-kupu, gaya dada, dan gaya punggung. Kegiatan ini memiliki berbagai macam manfaat seperti Berenang mampu meningkatkan kecerdasan pada anak. Berenang juga dapat meningkatkan kepercayaan diri pada anak. seperti saat berenang dikolam anak-anak akan berinteraksi pada teman-teman dan gurunya, dengan begitu anak-anak akan percaya diri karena dapat berinteraksi sehingga meningkatkan percaya diri pada anak, berenang juga mampu meningkatkan kesehatan pada tubuh anak baik itu untuk pernapasan maupun jantung, karena anak-anak akan bisa mengatur nafas. Pada penelitian ini akan membangun sebuah aplikasi menggunakan teknologi Augmented Reality dimana dapat memvisualisasikan gaya renang pada anak beserta macam macam Gerakan apa saja yang terdapat pada gaya renang. Sehingga dengan adanya Augmented Reality, sebagai media pengenalan gaya renang pada anak akan lebih menarik dan mampu memudahkan pengenalan dalam memahami gaya renang menggunakan Augmented Reality secara nyata. Kemudian penulis membuat animasi 3D mengenai pengelanan gaya renang menggunakan Augmented Reality, agar anak-anak dapat lebih mudah mempelajari dan dapat diterapkan

Downloads

Published

2023-11-23

How to Cite

Tita Charine Maulinda, I Gede Harsemadi, & Lilis Yuningsih. (2023). Pengenalan Gaya Renang Untuk Anak-Anak Menggunakan Teknologi Augmented Reality. Seminar Hasil Penelitian Informatika Dan Komputer (SPINTER) | Institut Teknologi Dan Bisnis STIKOM Bali, 42–47. Retrieved from https://spinter.stikom-bali.ac.id/index.php/spinter/article/view/16