Sistem Informasi Manajemen Pelanggan pada Citra Electronic Service Menggunakan Framework Laravel

Authors

  • Ni Putu Citra Dea Lestari Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Dian Pramana Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Lilis Yuningsih Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali

Keywords:

Citra Electronic Service, Manajemen Pelanggan, Metode Waterfall, Sistem Informasi

Abstract

Citra Electronic Service merupakan salah satu usaha jasa servis atau perbaikan peralatan elektronik seperti televisi, radio, setrika, rice cooker, blender, dan alat elektronik rumah tangga lainnya. Perintis sekaligus pemilik usaha ini adalah bapak I Wayan Arka yang memulai usaha ini sejak tahun 2003. Pada usaha ini pengelolaan data pelanggan masih dilakukan secara manual. Data pelanggan dan barang yang akan diperbaiki masih dituliskan hanya pada sebuah buku catatan perbaikan dan pelanggan juga diberikan sebuah nota yang digunakan sebagai bukti pengambilan barang saat sudah diperbaiki. Apabila catatan tersebut hilang maka bukti kepemilikan barang dari pelanggan tidak dapat dipastikan, hal ini dapat menyebabkan kerugian bagi pelanggan. Sistem ini dirancang dengan tujuan agar dapat membantu mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh Citra Electronic Service serta dapat membantu dalam meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Waterfall. Adapun pemodelan yang digunakan dalam perancangan website ini menggunakan DFD, ERD, dan Basisdata Konseptual. Penelitian ini menghasilkan sebuah Sistem Informasi Manajemen Pelanggan pada Citra Electronic Service.

Downloads

Published

2024-06-04

How to Cite

Lestari, N. P. C. D. ., Pramana, D. ., & Yuningsih, L. . (2024). Sistem Informasi Manajemen Pelanggan pada Citra Electronic Service Menggunakan Framework Laravel. Seminar Hasil Penelitian Informatika Dan Komputer (SPINTER) | Institut Teknologi Dan Bisnis STIKOM Bali, 1(2), 454–459. Retrieved from https://spinter.stikom-bali.ac.id/index.php/spinter/article/view/157