Analisis Sentimen Komentar Wisatawan Hotel Menggunakan Metode Vader Studi Kasus di Hotel Bali Bungalo

Authors

  • Aditya Pradana Hostiadi Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • I Ketut Dedy Suryawan Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali
  • Ni Nyoman Utami Januhari Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM Bali

Keywords:

sentiment analisis, wisatawan, teks mining, analisis komentar, Vader

Abstract

Bali merupakan destinasi wisata yang ramai dikunjungi oleh wisatawan. Analisis kepuasan tamu yang menginap memiliki manfaat bagi para pengelola akomodasi hotel untuk mengetahui kelemahan dari fasilitas yang dimiliki dan digunakan sebagai dasar untuk memperbaiki kekurangan yang ada. Salah satu cara yang digunakan adalah dengan menilai kepuasan tamu melalui analisis sentiment dari komentar yang diberikan. Beberapa metode analisis sentiment telah dikenalkan sebelumnya, namun belum memberikan keterkaitan hasil sentiment positif diantara kata dalam komentar. Keterkaitan sentiment positif diperlukan untuk dapat digunakan sebagai dasar pengambilan Keputusan atau peningkatan layanan yang disediakan oleh pihak hotel. Paper ini mengusulkan pendekatan baru dalam analisis sentiment komentar tamu yang menginap pada hotel dengan menggunakan metode Vader. Tujuannya adalah untuk mendapatkan analisis kepuasan layanan hotel. Analisis dilakukan dengan mentransformasi komentar menjadi bagian kecil dengan teknik n-gram analisis, kemudian setiap kata di hitung sebagai rangkaian kalimat dan diukur dengan metode Vader. Terakhir hasil sentiment positif dan negative di visualisasikan dalam bentuk graph node. Data yang digunakan adalah data real dari komentar tamu sebanyak 100 komentar, dan menghasilkan nilai tertinggi sentimen positif sebesar 0.753, negative sebesar 0.615 dan netral bernilai 1. Hasil analisis bermanfaat sebagai dasar dalam pengambilan keputusan dan peningkatan layanan atau penentuan standar layanan hotel yang berkualitas.

Downloads

Published

2024-06-04

How to Cite

Aditya Pradana Hostiadi, I Ketut Dedy Suryawan, & Ni Nyoman Utami Januhari. (2024). Analisis Sentimen Komentar Wisatawan Hotel Menggunakan Metode Vader Studi Kasus di Hotel Bali Bungalo. Seminar Hasil Penelitian Informatika Dan Komputer (SPINTER) | Institut Teknologi Dan Bisnis STIKOM Bali, 1(2), 266–271. Retrieved from https://spinter.stikom-bali.ac.id/index.php/spinter/article/view/147