Rancang Bangun Sistem Integrasi Layanan Pelanggan Pdam Kabupaten Tabanan Berbasis Web Responsive
Keywords:
Sistem Integrasi, Layanan Pelanggan, PDAM, Web Responsive, Efisiensi OperasionalAbstract
Penelitian ini menggambarkan rancang bangun dan implementasi Sistem Integrasi Layanan Pelanggan PDAM Kabupaten Tabanan berbasis web responsive. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan pelanggan PDAM dengan mengintegrasikan berbagai layanan, seperti pembayaran tagihan, pengaduan, dan informasi akun, ke dalam satu platform
web yang responsif. Metodologi penelitian melibatkan analisis kebutuhan pelanggan, perancangan antarmuka pengguna yang ramah, dan pengembangan sistem menggunakan teknologi web modern. Pengujian sistem yang digunakan menggunakan blackbox testing, dimana hasil dari pengujian sistem yang dimulai dari pelanggan melakukan proses pemasangan sambungan baru, cek tagihan, mengelola pelanggan, tagihan, pengaduan hingga mencetak laporan mendapatkan kesimpulan bahwa implementasi sistem menunjukkan bahwa sistem telah berjalan sesuai dengan rancangan yang telah dibutuhkan.