Rancang Bangun Sistem Integrasi Layanan Pelanggan Pdam Kabupaten Tabanan Berbasis Web Responsive

Authors

  • I Gede Teguh Bajra Putra Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM BALI
  • IGKG Puritan Wijaya Adh Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM BALI
  • I Ketut Putu Suniantara Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM BALI

Keywords:

Sistem Integrasi, Layanan Pelanggan, PDAM, Web Responsive, Efisiensi Operasional

Abstract

Penelitian ini menggambarkan rancang bangun dan implementasi Sistem Integrasi Layanan Pelanggan PDAM Kabupaten Tabanan berbasis web responsive. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan pelanggan PDAM dengan mengintegrasikan berbagai layanan, seperti pembayaran tagihan, pengaduan, dan informasi akun, ke dalam satu platform
web yang responsif. Metodologi penelitian melibatkan analisis kebutuhan pelanggan, perancangan antarmuka pengguna yang ramah, dan pengembangan sistem menggunakan teknologi web modern. Pengujian sistem yang digunakan menggunakan blackbox testing, dimana hasil dari pengujian sistem yang dimulai dari pelanggan melakukan proses pemasangan sambungan baru, cek tagihan, mengelola pelanggan, tagihan, pengaduan hingga mencetak laporan mendapatkan kesimpulan bahwa implementasi sistem menunjukkan bahwa sistem telah berjalan sesuai dengan rancangan yang telah dibutuhkan.

Downloads

Published

2023-11-23

How to Cite

I Gede Teguh Bajra Putra, IGKG Puritan Wijaya Adh, & I Ketut Putu Suniantara. (2023). Rancang Bangun Sistem Integrasi Layanan Pelanggan Pdam Kabupaten Tabanan Berbasis Web Responsive. Seminar Hasil Penelitian Informatika Dan Komputer (SPINTER) | Institut Teknologi Dan Bisnis STIKOM Bali, 522–527. Retrieved from https://spinter.stikom-bali.ac.id/index.php/spinter/article/view/114