Aplikasi Multimedia Pengenalan Hewan Untuk Anak Taman Kanak Kanak(TK) Berbasis Animasi
Keywords:
hewan, Anak usia Dini, Multimedia Development Life CycleAbstract
Dikenalnya hewan bisa membuat otak anak terasah guna melatihkan kreatifitas serta imajinas. Hingga kini kenalan hewan pada anak dominan memakai kertas poster serta buku. Teknologi multimedia menolong mengenai sebagian hewan yang mana beragam fitur yang mendorong pemfungsian bentuk serta suara tiga dimensi, anak bisa mengetahui hal yang gampang diperoleh serta menggembirakan. Pertumbuhan pembelajaran guna anak umur 3 (tiga) - 6 (enam) tahun bervariasi, awal mula melalui media sentuh langsung, hingga permainan yang disiapkan dari software yang dijangkau secara memakai komputer. Tapi antaran target media guna aktivitas belajar berupa menolong anak guna cepat mengerti serta menguasai apa yang sudah dibagian dalam materi tersebut. Melalui konflik ini, pengkaji merasa harus merangkai sebuah inovasi yang bisa membentuk media pembelajaran sembari bermain dimana bermedia dikenalnya jenis hewan melalui bahasa Indonesia serta Inggris berobjekan gambaran hewan yang selalu diamati anak-anak dilingkup sekitaranya. Media belajar ini diinginkan bisa sangat unik serta membentuk anak minat guna mengikutinya. Metode pengkajian yang dipakai untuk dibentuknya Aplikasi Multimedia Berbasis Animasi ini ialah MDLC atau Multimedia Development Life Cycle yang mencakup 6 langkah berupa perancangan(Design), konsep, pembentukan (Assembly), penghimpunan Bahan (Material Collecting), Penyebarluasan (Distribution) serta Pengujian (Testing). Melalui belajar dikenalinya hewan, memakai animasi yang memberi gambaran gerak serta wujud hewan melalui elektronika. Animasi bergerak dibentuk memakai Adobe Animate, ialah multimedia yang bermanfaat membentuk animasi. Adobe Animate dipakai guna merangkai grafik animasi serta vektor guna video online, televisi, aplikasi web, situs web serta lainnya.