Analisis Pengaruh Fitur Promosi Shopee Terhadap Tingkat Penjualan Menggunakan Metode Regresi Linear Berganda

Authors

  • Devi Nor Laily Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM BALI
  • Ni Luh Gede Pivin Suwirmayanti Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM BALI
  • Ni Putu Nanik Hendayanti Institut Teknologi dan Bisnis STIKOM BALI

Keywords:

promosi, fitur promosi shopee, tingkat penjualan, regresi linear berganda

Abstract

Meningkatnya transaksi jual beli secara online, membuat persaingan penjual untuk mempromosikan barang dagangannya pun meningkat dan harus semakin kreatif. Setiap platform ecommerce pun telah menyediakan berbagai fitur kepada penggunanya agar lebih mudah mempromosikan barangnya kepada pembeli, salah satunya adalah Shopee yang memiliki 3 fitur promosi yaitu meningkatkan pesanan, meningkatkan interaksi dengan pembeli, dan meningkatkan kunjungan ke toko. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh fitur promosi yang diberikan oleh Shopee terhadap tingkat penjualan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda yang digunakan untuk melihat pengaruh dua variabel independen dan variabel dependen. Peneliti mengumpulkan data dengan melakukan survei dan menyebarkan kuesioner kepada responden menggunakan google form. Data yang terkumpul diolah menggunakan Microsoft Excel, lalu didapatkan hasil nilai R Square sebesar 63,1% dan persamaan regresi linear berganda yaitu Y = 0,259 + 0,237X1 + 0,235X2 + 0,445X3, dapat disimpulkan bahwa fitur promosi shopee memberikan pengaruh positif terhadap tingkat penjualan sebesar 63,1%.

Downloads

Published

2023-11-23

How to Cite

Devi Nor Laily, Ni Luh Gede Pivin Suwirmayanti, & Ni Putu Nanik Hendayanti. (2023). Analisis Pengaruh Fitur Promosi Shopee Terhadap Tingkat Penjualan Menggunakan Metode Regresi Linear Berganda. Seminar Hasil Penelitian Informatika Dan Komputer (SPINTER) | Institut Teknologi Dan Bisnis STIKOM Bali, 458–463. Retrieved from https://spinter.stikom-bali.ac.id/index.php/spinter/article/view/103